Selasa, 03 Juni 2008

kontrol

Suatu aplikasi teknologi computer kedalm dunia nyata yaitu adanya pendeteksian suhu dalm ruangan. Kemudian suhu tersebut akan ditampilkan dalam bentuk angka di layer monitor PC. Dalm hal ini suhu ruangan melebihi 30 ˚ C maka system ini akan memberikan peasan kepada computer yang dilihat lansung oleh operator bahwa suhu sekarang di dalam ruangan adalah 30 ˚ C dan suhu telah melebihi batas normal alias sudah panas, maka seorang operator yyang mengontrol ruangan harus segera menghidupkan kipas dan mematikan lampu. Karena jika lampu masih hidup itu akan menambah suhu ruangan menjadi lebih panas.
Berbagai aplikasi telah terbukti dengan adanya teknologi komputer, komputer sebagai peran utama dalam kemajuan dunia. Semua dapat diatur dan dikontrol dengan software. Karena tanpa adnya software semua kebutuhan seorang manusia sulit tercapai dan bahkan tidak sesuai dengan keinginan pengguna. Seperti halnya dengan memamfaatkan system teknologi elektronika murni.
Dalam pembuatan aplikasi komputer sekarang menggunakan progran delphi, adapun kemudahan dari bahasa pemrograman ini adalah tesedianya menu dan tools yang lengkap, objeck treeview, komponen pallete, edit windows, dll. Hal ini dapat memantu dalam perancangan alat pengukur suhu ruangan yaitu bahasa pemrograman delphi. Pada delphi kita kenal highlight yaitu untuk mempermudah programer dalm menentukan kesalahan dalam penulisan program. Kita dapat memamfaatkan fasilitasa Delphi untuk design tampilan dan pengontrolan system.sebelum kita berbicara dalam pengontrolan system kita harus tahu tentang dasar-dasar system control. PC sebagai pengontrol yang sangat aktif ketika operator menggunakan dan memamfaatkan teknologi system control ruangan. Didalam system computer tentu ada yang namanya processor yang mengolhan data, input dan plant. Sehingga PC nanti dapat mengendalikan system. Aplikasi system kendali terus berkembang dan perekayasaan system untuk mencapai tujuan yaitu kesempurnaan suatu system kendali dalam bebagai aspek kehidupan tidak hanay didunia industri tetapi juga didalam rumah tangga memerlukan teknisi yang professional dan tahu akan perkembangan perkembangan system itu sendiri untuk masa yang akan dating tentunya diperlikan ahli-ahli dari berbagai disiplin ilmu untuk menyempurnakn kekurangan dan mencari solusi penyelesaian masalah tentang system itu sendiri agar pemakaiannay tetap dan dapat maksimal. Setiap celah pada suatu kelemahan system dicari dan ditentukan aspek-aspek secara terperinci untuk mendaptkan solusi yang tepat untuk kesempurnaan alat. Setiap masalah biasanya adalah suatu hal yang sangat rumit untuk diselesaikan. Tidak lah salah dibutuhklan ahli-ahli computer dan berbagi disiplin ilmu. Orang yang ahli dalm bidangnya harys bersatu untuk menghadapi kemajuan dan menyempurnakn sistem.
Dalam system kendali yang pernah kita kenal itu ad adua macam:
1. sistem kendali loop terbuka (secara terinci lihat bab II penelitian)
Contih :
a. trafic light
sistem ini tidak tahu umlah kendaraan yang lewat tetapi telah disetting waktunya tanpa ada respon dari pengguna jalan terhadap pergantian lamp merah.
b. mesin cuci
tidak ada hasil proses untuk mengukur hasil keluaran seperti berapa besar kekotoran kain terhadap wktu proses pencucian.
2. sistem kendali loop tertutup (secara terinci lihat bab II penelitian).
sistem kendali loop tertutup dibagi atas Dua:
o sistem kendali loop tertutup secara manual
sistem kendali loop tertutup secara manual menggunakan operator untuk mengontrol input dan output dan memperbaiki kesalahan itu seminimal mungkin biasanya yang menjadi error detector pada alat ini adalah manusianya yang memperhatikan perkembangan suhu ruangan, peran manusia disini adalah sebagai operator dan harus mengatur suhu ruangan apabila terjad panas yang berlebihan dan keadaan yang tidak sesuai denagn yang diharapkan.
o sistem kendali loop tertutup secara otomatis
sistem kendali loop tertutup secara otomatis dimana pada alat tersebut ditukar denag menggunakan chip mikrokontroler bukan melibatkan PC dan operatornyamaka barulah alat ini termasunk sistem kendali loop tertutup secara otomatis.

0 komentar: